PERANCANGAN USER INTERFACE UNTUK APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA MENGAJARKAN SALAT UNTUK ANAK USIA 4 – 8 TAHUN


Penulis:Bagus M. Zaki(1),Fajar Ahmad Faizal, S.Sn, M.M2 , Shani Nur Muhammad, S.Ds3.
ISSN:
Vol:
Bulan/Tahun:juni /2019
Abstrak:

Salat merupakan perbuatan yang harus dikenalkan pada anak semenjak usia dini. Banyak metode dan media dalam mengenalkan salat pada anak yang diajarkan oleh orang tua , salah satunya adalah gamifikasi pembelajaran, dimana materi-materi salat anak dirangkai menjadi sebuah permainan yang menarik dengan ditambah unsur-unsur dalam game. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan terutama dalam proses pembelajaran, khususnya pada generasi digital native. Dari hasil observasi data sudah banyak aplikasi atau permainan yang dapat di install pada smartphone sebagai media yang ditunjukan untuk digital native sebagai media belajar yang juga menggunakan gamifikasi pembelajaran, salah satu yang menarik dari berbagai aplikasi pembelajaran adalah hadirnya augmented reality pada pengmbangannya..Menurut Wandah dan Rahina (2018) “Kelemahan utama yang sering ditemukan dalam sebuah aplikasi adalah kemampuan dalam mengadaptasi naskah materi edukatif ke dalam game terbentur pada penciptaan gameplay yang interaktif dan desain yang menarik”. Maka diperlukan interface yang estetik dan memiliki fungsi guna dapat mempermudah penggunaan aplikasi dalam mengenalkan salat untuk anak oleh orangtua. Kata Kunci: Salat, Edukasi, Anak Usia dini, gamifikasi, augmented reality digital native, User Interface


   

PT. PRATAMA CYBER SOLUTION