PEMETAAN KLASTER LOGISTIK UNTUK INDUSTRI KREATIF BERBASISKAN UKM E-COMMERCE


Penulis:Dani Leonidas Sumarna ST., MT, Darfial Guslan ST., MT
ISSN:2337-3636
Vol:6
Bulan/Tahun:DESEMBER /2018
Abstrak:

Abstrak
Pertumbuhan bisnis online (e-commerce) saat ini sudah sangat pesat. Pada 2015 pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta dengan 77 persen di antaranya mencari informasi produk dan belanja online. Pada 2016, jumlah online shopper mencapai 8,7 juta orang dengan nilai transaksi sekitar 4,89 miliar dolar AS. Perkembangan ini sangat dipengaruhi oleh salah satu isu penting dalam perkembangan e-commerce adalah logistik.  Salah satu Key Performance untuk e-commerce adalah waktu kedatangan kiriman yang merupakan salah satu isu yang menjadi bagian dari aktifitas logistik. Pelaku UKM e-commerce membutuhkan penyedia jasa logistik dalam menjalankan proses pengiriman barang ke pelanggan.
Dalam penelitian ini akan dilakukan pemetaan klaster logistik yang mempermudah pelaku  UKM e-commerce dalam mengirim dan mendistribusikan produk yang ditawarkan. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan klaster industri dengan ouput aktifitas-aktifitas dan mengidentifikasi komponen (struktur dan proses bisnis) sistem rantai pasok klaster logistik serta Memetakan klaster logistik Kota Cimahi melalui pendekatan sistem rantai pasok dan klaster industri.
 
Kata kunci :
Klaster, Jasa Pelayanan Logistik, UKM, E-Commerce


   

PT. PRATAMA CYBER SOLUTION