PENGEMBANGAN RANCANGAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS LKP PALCOMTECH)


Penulis:Raynanda Gunawan,Rabin Ibnu Zainal, Afriyudi
ISSN:2337-3636
Vol:6
Bulan/Tahun:JUNI /2018
Abstrak:

Penggunaan E-Learning menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas akademik, oleh karena itu, pengembangan dan peningkatan E-Learning harus senantiasa dilakukan mengingat teknologi saat ini sudah berkembang, terutama di bagian interface atau antarmuka. Pada era internet yang sudah dapat di akses di berbagai platform membuat engine website berkembang sehingga tampilan website dapat menyesuaikan dengan platform yang dikenal saat ini dengan web responsive. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah merancang antarmuka E-Learning agar lebih mudah saat dibuka di berbagai platform yaitu desktop, tab, dan smartphone. Kasus yang peneliti ambil ialah di LKP PalComTech, sebagai salah satu lembaga kursus & pelatihan di Sumatera Selatan LKP PalComTech telah menggunakan E-Learning dalam proses pembelajarannya, ELearning LKP PalComTech dibuat pada tahun 2010 yang saat itu hanya fokus dalam tampilan desktop dan pengujian dilakukan hanya sebatas pengembang, Perancangan dalam penelitian ini mengunakan tahapan metode user centered design dan pengujian dilakukan dengan metode sistem usability scale untuk mengetahui nilai usability pada tampilan E-Learning. Berdasarkan pembahasan maka dalam penelitian ini diperoleh simpulan bahwa tahapan user centered design dan hasil evaluasi sistem usability scale telah menghasilkan tampilan E-Learning dengan nilai usability lebih dari 68 untuk tampilan desktop, tab, dan smartphone.


   

PT. PRATAMA CYBER SOLUTION