Analisis Quality of Service QoS) Pada Jaringan Wireless (Studi Kasus: Universitas Widyatama)


Penulis:Muchamad Rusdan
ISSN:2337-3636
Vol:5
Bulan/Tahun:Desember /2017
Abstrak:

Kebutuhan akan teknologi informasi dan komunikasi semakin tinggi. Menuntut pengguna layanan untuk dapat berkomunikasi dan terhubung dengan internet setiap saat tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Perangkat mobile saat ini harus dapat terhubung dengan jaringan wireless yang menawarkan konektifitas dan mobilitas yang tinggi untuk dapat terhubung dengan internet. Jaringan wireless menjadi salah satu fasilitas standar yang disediakan pada tempat-tempat seperti kampus, cafe, swalayan, mall, kantor, dan hotel. Jaringan Wireless pada Universitas Widyatama mencakup seluruh bagian lantai pada gedung graha, baik ruang kelas maupun fasilitas umum. Quality of Services (QoS) adalah teknik untuk mengelola bandwidth, delay, jitter, dan packet loss untuk aliran dalam jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, tipe pendekatan dalam penelitian yang penelahaannya kepada satu kasus dilakukan secara intensif, mendalam, mendetail, dan komprehensif. Analisis QoS jaringan wireless Universitas Widyatama, menekankan pada pengukuran parameter jaringan antara lain delay, jitter, packet loss, dan throughput. Pengukuran QoS dilakukan secara langsung pada jaringan wireless dengan melakukan pengujian yang dilakukan pada tiap lantai gedung B (graha) menggunakan aplikasi Axence netTools. Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan, pada jaringan wireless Universitas Widyatama diperoleh nilai rata-rata delay 90,71 ms, nilai rata- rata jitter 11,92 ms, nilai rata-rata packet loss 3,90 (3%) dan nilai rata-rata throughput 28,78 ms (89%), maka merujuk pada kategori standar TIPHON jaringan wireless Universitas Widyatama dapat dikategorikan bagus dengan indeks rata-rata 3,5. Kata kunci : Quality of Services, Universitas Widyatama, Jaringan Wireless


   

PT. PRATAMA CYBER SOLUTION